ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL INVESTIGASI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMP NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Marlina, Septiana (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL INVESTIGASI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMP NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARLINA SEPTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
LOA dan Jurnal.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa. Terdapat 3 aspek kemampuan koneksi matematis yang digunakan dalam penelitian yaitu 1) menghubungkan antara konsep matematika yang sudah dipelajari dengan yang sedang dipelajari, 2) menghubungkan koneksi antar konsep suatu matematika dengan konsep bidang ilmu yang lain, dan 3) menghubungkan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal investigasi pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMP Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan kemampuan rata-rata lebih tinggi dari kelas lain dan kesimbangan jumlah siswa. Berdasarkan pertimbangan tersebut diperoleh kelas VIII-1 dengan jumlah 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian menggunakan soal tes koneksi matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kemampuan koneksi matematis pada siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi memenuhi ketiga aspek koneksi matematis. Siswa laki-laki berkemampuan sedang mampu memenuhi 3 aspek koneksi matematis, walaupun kurang dalam aspek kedua dan siswa perempuan berkemampuan sedang memenuhi 3 aspek koneksi matematis. Siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan rendah tidak mampu memenuhi ketiga aspek koneksi matematis. Perbedaan kemampuan koneksi matematis antara laki-laki dan perempuan terletak pada kemampuan siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki dalam aspek kedua dan lebih teliti dan detail dalam menuliskan prosedur penyelesaian matematika

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Koneksi Matematis, Soal Investigasi, Jenis Kelamin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:36
Last Modified: 14 Dec 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43771

Actions (login required)

View Item View Item