ANALISIS KESIAPAN GURU IPA/KIMIA TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DI SMA/SMK/MA NEGERI SE KECAMATAN GERUNG

ELOK, FAIQOTUZZAHROK (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU IPA/KIMIA TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DI SMA/SMK/MA NEGERI SE KECAMATAN GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Elok Faiqotuzzahrok_E1M018023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Elok Faiqotuzzahrok_E1M018023.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskiprisikan kesiapan guru IPA/kimia terhadap penerapan pembelajaran STEM (Science,Technology, Engineering, Mathematics) dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat kesiapan guru IPA/kimia terhadap penerapan pembelajaran STEM (Science,Technology, Engineering, Mathematics). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah jumlah guru IPA/kimia yang mengajar di SMA/SMK/MA Negeri se Kecamatan Gerung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel sebanyak 12 guru IPA/kimia di SMA/SMK/MA Negeri Se Kecamatan Gerung. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan teknik kuesioner yang telah dinyatakan valid dan reliable. Hasil penelitian kesiapan sikap kesiapan Emosional, kesiapan kognitif dan kesiapan perilaku di SMA/SMK/MA Negeri se Kecamatan Gerung menunjukan perolehan rata-rata sebesar 74,04%. Artinya kesiapan guru IPA/kimia terhadap penerapan pembelajaran STEM lebih cenderung siap. Berdasarkan hal tersebut dapt disimpulkan bahwa sebagian guru sudah menerapkan pembelajaran STEM dan ada beberapa guru belum pernah menerapkan pembelajaran STEM, hanya sebatas siap akan melakukan pembelajaran STEM. Kesiapan ini juga dipengaruhi faktor pendukung seperti: tanggung jawab, antusias, kemauan beradaptasi, berpikir kritis, berpikir secara kontekstual, sadar akan nilai diri dan kemauan, mampu mengintegrasikan berbagai disiplin keilmuan, menjalankan fungsi kemitraan dan mahir mengatur waktu. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemandirian dan sadar akan kekurangan dan kelebihan, hal ini dikarenakan beberapa guru belum pernah mengikuti pelatihan pembelajaran STEM dan guru belum pernah mencoba menerapkan pendidikan STEM dalam pembelajaran IPA/kimia. Selanjutnya guru merasa kesulitan dalam meningkatkan kualitas diri untuk persiapan penerapan pembelajaran STEM dan guru belum mahir dalam menyusun RPP yang sesuai dengan pembelajaran STEM.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesiapan guru, Penerapan Pembelajaran, STEM.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:19
Last Modified: 15 Dec 2023 09:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43785

Actions (login required)

View Item View Item