BAIQ ADILA PRATIWI, RAHMAN (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATERI SISTEM KOLOID SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI BQ ADILA PRATIWI RAHMAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Jurnal_Pendidikan_Kimia_Bq_Adila_Pratiwi_Rahman_E1M018015.pdf Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kevalidan dan kepraktisan emodul kimia berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi sistem koloid sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMAN 5 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development dengan mengadopsi model penelitian 4D (define, design, develop, disseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Mataram pada tahun akademik 2022/2023, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 70 orang siswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) e-modul kimia yang dikembangkan dari 2 validator dengan menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,79 dalam kategori valid. Tingkat kepraktisan e-modul kimia diukur melalui respon siswa terhadap e-modul kimia. Hasil analisis respon siswa berada pada kategori sangat praktis dengan persentase praktikalitas sebesar 84,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul kimia berbasis POE pada materi sistem koloid yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pengembangan, e-modul, POE, sistem koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 02:36 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 02:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43791 |
Actions (login required)
View Item |