DAMPAK PENERAPAN KEGIATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP MANDIRI SISWA DI SMAN 2 MATARAM

NURUL, ISTIQOMAH (2023) DAMPAK PENERAPAN KEGIATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP MANDIRI SISWA DI SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NURUL ISTIQOMAH_E1B020109...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Artikel_Nurul Istiqomah_E1B020109.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kegiatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Mataram, serta melihat dampak Penerapan kegiatan Profil Pelajar Pancasila terhadap penumbuhkembangan sikap mandiri siswa di SMAN 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yang meliputi mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori Sugiyono yaitu Triagulasi Sumber, dan Triagulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal penerapan kegiatan Profil Pelajar Pancasila, SMAN 2 Mataram melaksanakan 3 jenis kegiatan yaitu tema 1 bangunlah jiwa dan raganya, tema 2 kewirausahaan, Tema 3 kearifan lokal. Kegiatan ini mampu memberikan dampak terhadap penumbuhkembangan sikap mandiri siswa di SMAN 2 Mataram yang dilihat oleh peneliti berdasarkan hasil observasi peneliti dengan mangacu pada teori Paulina dkk. Dampak yang terlihat adalah dengan kemunculan pengambilan inisiatif dalam mengerjakan tugas, kemampuan siswa mengatasi rintangan di lingkungan sekolah, Mampu memperbaiki kepribadian siswa, meningkatkan rasa kepuasan kerja, tertanamnya sikap mandiri dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kegiatan Profil Pelajar Pancasila, Penumbuhkembangan, Sikap Mandiri, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:53
Last Modified: 19 Dec 2023 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43807

Actions (login required)

View Item View Item