PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNIG (PjBL) TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK

Hafifah, Namira (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNIG (PjBL) TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAFIFAH NAMIRA (E1Q019023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
The Project Based Learning (PjBL) Model on Students' Scientific Literacy_Hafifah Namira (E1Q01902.pdf

Download (257kB)
[img] Text
The Influence of the Project Based Learning (PjBL) Model on Student Learning Outcomes (Hafifah Na.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi alat optik. Sampel adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Narmada. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent Control Group Desain yang berarti kedua kelas akan diberikan perlakuan yang berbeda. Dimana kelas eksperimen akan diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan model ekpositori (pembelajaran konvensional). Kemampuan literasi sains yang diukur meliputi aspek 1) menjelaskan fenomena secara ilmiah, aspek 2) merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah, aspek 3) menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Hasil belajar yang diukur yaitu pada ranah kognitif dari C1 sampai C6 (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan kreasi). Instrumen yang digunakan adalah 3 soal dengan masing-masing 3 sub soal uraian untuk literasi sains dan 10 soal pilihan ganda untuk hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik yaitu MANOVA. Didapati hasil nilai sinifikansi 0.00 < 0.05 untuk literasi sains dan hasil belajar, dan nilai Rhitung > Rtabel dimana 0.237 > 0.226 untuk literasi sains dan 0.359 > 0.350 untuk hasil belajar, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi alat optik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Project Based Learning (PjBL), literasi sains, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 00:16
Last Modified: 20 Dec 2023 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43813

Actions (login required)

View Item View Item