PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI SDN 43 AMPENAN

Naila Asya, Muhfi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI SDN 43 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAILA ASYA MUHFI E1E019218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL NAILA ASYA MUHFI-1.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media video pembelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data di kelas 5 SDN 43 Ampenan yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze/Analisis, Design/Desain, Development/Pengembangan, Implementation/Implementasi, dan Evaluation/Evaluasi). Tempat dilakukan penelitian di SDN 43 Ampenan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN 43 Ampenan sebanyak 20 peserta didik. Sedangkan, objek penelitian ini ialah media video pembelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar angket ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kevalidan media video pembelajaran matematika, angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan media video pembelajaran matematika, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor penilaian 1 sampai 4 yang meliputi analisis data kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video pembelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data yang telah dikembangkan memperoleh persentase 83,75% dengan kriteria “valid” dari dosen ahli media, dari dosen ahli materi memperoleh persentase 90% dengan kriterian “sangat valid”, dari guru ahli materi memperoleh persentase 87, 5% dengan kriteria “valid”, respon siswa dalam uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 92,50% dengan kriteria “sangat praktis” dan respon siswa pada uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 95,50% dengan kriteria “sangat praktis”. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data sudah sangat layak dari aspek valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas 5 SDN 43 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Video Pembelajaran, Pengumpulan dan Penyajian Data, Matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 00:16
Last Modified: 20 Dec 2023 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43815

Actions (login required)

View Item View Item