PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III DAN IV SDN 1 SELEBUNG BERBASIS TES PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM)

FARINA, PRATIWI (2023) PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III DAN IV SDN 1 SELEBUNG BERBASIS TES PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FARINA PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Farina Pratiwi_Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (2).pdf

Download (179kB)

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan salah satau kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang guna menunjang kesuksesan dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar di SDN 1 Selebung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitattif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan IV SDN 1 Selebung yang berjumlah 43 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes numerasi berbasis PMM yang meliputi 4 domain yaitu domain aljabar, bilangan, geometri, serta data dan ketidakpastian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa sekolah dasar di SDN 1 Selebung dengan presentase tertinggi 65,11% berada pada level dasar. Selanjutnya 37,20% berada pada level intervensi khusus, 18,60% berada pada level cakap dan terakhir hanya 3,97% yang berada pada level mahir. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa yaitu dengan cara melakukan pembelajaran berdiferensiasi berbasis level kemampuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Numerasi, Siswa Sekolah Dasar, PMM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43819

Actions (login required)

View Item View Item