PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTU PICTURE PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 21 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Tri Larasasri, Juliarti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTU PICTURE PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 21 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRI LARASASRI JULIARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL Tri Larasasri Juliarti E1E019322.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantu picture puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDN 21 Ampenan tahun ajaran 2022/2023 . Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sample dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa dengan jumlah kelas kontrol 23 siswa dan kelas eksperimen 23 siswa. Dari hasil tes tulis yg telas peneliti lakukan terdapat nilai peserta didik pada kelas eksperimen terdapat nilai pre-test tertinggi 85 dan terendah 45 di posttest terdapat nilai tertinggi 100 dan terendah 60, Sementara di kelas kontrol nilai pre-test tertinggi 80 dan terendah 45 di post-test mendapatkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi diperoleh 0,000 yang berarti bahwa 0,000  0,05, maka ditolak dan diterima. Jadi, artinya ada perbedaan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran time token berantuan picture puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif Tipe Time Token, Picture Puzzle, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43823

Actions (login required)

View Item View Item