KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2023/2024

M. TATA AULIA, RAHMAN (2023) KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. TATA AULIA RAHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Jurnal dan Loa tata.pdf

Download (850kB)

Abstract

Penalaran proporsional merupakan penalaran yang mencakup pemahaman tentang keserupaan struktur dua relasi dalam masalah proporsional. Kemampuan penalaran proporsional merupakan salah satu kemampuan yang harus dipahami dan dikuasi oleh siswa dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran proporsional pada materi perbandingan berdasarkan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Narmada Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 6 orang. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner, tes, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu dalam mengenali perbedaan antara perubahan absolut (aditif), relatif (multiplikatif) dan mampu menentukan penggunaan rasio yang masuk akal atau tepat. Tetapi belum mampu dalam menginterpretasikan angka rasional tetap, tidak berubah atau invariant dan juga belum mampu membangun struktur unit (pengelompokkan). (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu dalam mengenali perbedaan antara perubahan absolut (aditif), relatif (multiplikatif), mampu menentukan penggunaan rasio yang masuk akal atau tepat dan mampu menginterpretasikan angka rasional tetap, tidak berubah atau invariant. Tetapi belum mampu membangun struktur unit (pengelompokkan). (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu dalam membangun struktur unit (pengelompokkan). Tetapi belum mampu dalam mengenali perbedaan antara perubahan absolut (aditif), relatif (multiplikatif), menentukan penggunaan rasio yang masuk akal atau tepat dan menginterpretasikan angka rasional tetap, tidak berubah atau invariant.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penalaran Proporsional, Gaya Belajar, Perbandingan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43824

Actions (login required)

View Item View Item