PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LIGHT UP CERGAM DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN 1 MOYOT LOMBOK TIMUR

SEPTIANA YUSFA, SARI DEWI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LIGHT UP CERGAM DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN 1 MOYOT LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SEPTIANA YUSFA SARI DEWI (E1E019298).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL_SEPTIANA YUSFA SARI DEWI (E1E019298).pdf

Download (630kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Light Up Cergam Dengan Pendekatan Discovery Learning, mengetahui proses pengembangan, kelayakan LKPD, respon pendidik dan peserta didik terhadap LKPD Berbasis Light Up Cergam dengan Pendekatan Discovery Learning pada Muatan IPS kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian ini menggunakan 7 tahapan penelitian, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian dilakukan di SDN 1 Moyot, Kecamatan Sakra, Lombok Timur. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah LKPD Berbasis Light Up Cergam dengan Pendekatan Discovery Learning pada Muatan IPS kelas IV SDN 1 Moyot. Kelayakan LKPD Berbasis Light Up Cergam dengan Pendekatan Discovery Learning berdasarkan penilaian dari validator ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.95, penilaian dari validator ahli bahasa mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.37, dan penilaian dari validator ahli desain mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.8. Hasil uji coba lapangan kelompok kecil berdasarkan penilaian respon pendidik mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata skor 3.96, dan penilaian respon peserta didik mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata skor 3.86, sedangkan uji coba lapangan kelompok besar tidak dilaksanakan karena membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): LKPD, IPS, Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43830

Actions (login required)

View Item View Item