KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN PPKN

NISWATUL, AUDAH (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN PPKN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SIAP (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
5774-Article Text-29919-1-10-20231108 (2).pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran kooperatif tipe Round Club terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental tipe nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 47 cakranegara yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar (pretest posttest) berupa pilihan ganda dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Round Club efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran PPKn, yang ditunjukkan dengan hasil uji effect size diperoleh data sebesar 0,908 dengan interpretasi besar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Club memiliki efektifitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Club; Hasil Belajar; PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43831

Actions (login required)

View Item View Item