ANALISIS KESULITAN DALAM MENULIS KARANGAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 03 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

NINI, FITRIANI (2023) ANALISIS KESULITAN DALAM MENULIS KARANGAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 03 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINI FITRIANI E1E019229.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal NINI FITRIANI_E1E19229.pdf

Download (230kB)

Abstract

Kesulitan dalam menulis karangan merupakan kesulitan dalam proses penulisan maupun ejaan yang melibatkan aspek fisik dalam mengungkapkan hasil ekspresi, pikiran, perasaan, dan ide dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis karangan yang dialami peserta didik kelas IV SDN 03 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara kepada peserta didik. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Responden pada penelitan ini berjumlah 8 orang yaitu peserta didik yang kesulitan dalam menulis karangan yang berasal dari kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kesulitan menulis karangan peserta didik pada aspek tema, ide pokok, struktur tulisan, gaya penulisan, tata bahasa, penulisan yang kreatif. Adapun faktor eksternal yaitu faktor guru dan tersedianya sarana dan prasaranan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Menulis Karanga Peserta Didik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:08
Last Modified: 20 Dec 2023 09:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43840

Actions (login required)

View Item View Item