PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PUZZLE KATA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SDN 19 MATARAM

NOVI SARA, SAGITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PUZZLE KATA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SDN 19 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AKHIR_ NOVI SARA SAGITA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI NOVI SARA SAGITA_ PENDAS.pdf

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruuh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis puzzle kata terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Total populasi penelitian ini adalah 16 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik penarikan sampel Non-probablity sampling dengan jenis penarikan sampel jenuh. Dalam penelitian inni menggunakan desain penelitian The Times Series Experiment. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes yang telah memenuhi uji prasyarat analisis. Uji hipotesis menggunakan uji-t paired sample t-test diperoleh tiga nilai signifikansi berturut yaitu 0,720 > 0,05 , 0,219 > 0,05 dan terakhir nilai yang siggnifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai dan 13.327 > 1.75305 artinya yang diajukan ditolak dan diterima. Adapun hasil uji effect size dalam penelitian ini yang paling besar terjadi pada perlakuan ke tiga sebesar 1,90 dengan kriteria tinggi. Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran discovery learning berbasis puzzle kata berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SDN 19 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:19
Last Modified: 21 Dec 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43852

Actions (login required)

View Item View Item