INTAN, PANDINI (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN 29 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI INTAN PANDINI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
jurnal intan.pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar siswa dengan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 29 Ampenan tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel penelitian gaya belajar siswa dan tes untuk mengukur pemahaman konsep IPA siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu mengunakan korelasi product moment selanjutnya menghitung koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif bahwa gaya belajar visual memiliki nilai tes pemahaman konsep paling tinggi dengan rata-rata 77,7. Sedangkan gaya belajar auditori memiliki rata-rata nilai tes pemehman konsep 75,7 dan gaya belajar kinestetik 75,9. Selanjutnya hasil analisis statistik pada pada penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 29 Ampenan tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dari hasi analisis data yang dilakukan dengan uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < alpha 0.05 dengan ( ) ( ) artinya ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 29 Ampenan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Gaya Belajar, Pemahaman Konsep IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 05:19 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 05:19 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43855 |
Actions (login required)
View Item |