MAUL, HAYATI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SDN 13 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI Maul Hayati_E1E019203.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Jurnal Maul Hayati_E1E019203.pdf Download (555kB) |
Abstract
Kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III di SDN 13 Ampenan masih belum optimal dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SDN 13 Ampenan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 13 Ampenan pada semester ganjil tahun ajaran 2023. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji statistik program SPSS 21 dengan teknik uji independent samples t-test diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (2,035 ≥ 2,006) dan sig ≤ 0,05 (0,047 ≤ 0,05) yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SDN 13 Ampenan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Problem Based Learning, Kemampuan Berhitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 05:19 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 05:19 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43860 |
Actions (login required)
View Item |