EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SDN 13 AMPENAN

MAUL, HAYATI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SDN 13 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Maul Hayati_E1E019203.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Jurnal Maul Hayati_E1E019203.pdf

Download (555kB)

Abstract

Kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III di SDN 13 Ampenan masih belum optimal dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SDN 13 Ampenan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 13 Ampenan pada semester ganjil tahun ajaran 2023. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji statistik program SPSS 21 dengan teknik uji independent samples t-test diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (2,035 ≥ 2,006) dan sig ≤ 0,05 (0,047 ≤ 0,05) yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SDN 13 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:19
Last Modified: 21 Dec 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43860

Actions (login required)

View Item View Item