PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN 35 AMPENAN

NURHIDAYATUL, MAULIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN 35 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURHIDAYATUL MAULIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
10972-Article Text-48316-1-10-20231211.pdf

Download (185kB)

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib dalam Kurikulum 2013. Namun, kebanyakan masalah yang dihadapi siswa ialah merasa bosan saat menerima materi bahasa Indonesia karena tidak ada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa diorama yang memuat materi Bahasa Indonesia dan tentunya telah diuji kelayakan dan efektifitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket yang terdiri dari angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket yang diberikan kepada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V SDN 35 Ampenan. Sedangkan obyek penelitiannya adalah diorama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diorama dari ahli media mendapat skor sebesar 92% yang berarti media sangat valid atau layak digunakan tanpa revisi, kelayakan dari ahli materi sebesar 91%, serta hasil rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 79% yang berarti diorama layak dan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahasa Indonesia, Diorama, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:10
Last Modified: 22 Dec 2023 11:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43863

Actions (login required)

View Item View Item