HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

BAIQ DITA, APRILIA (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Baiq Dita Aprilia_E1E018025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal_Baiq Dita Aprilia_E1E018025.pdf

Download (199kB)

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kemampuan untuk berinteraksi, bersosisalisasi, dan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan dengan cara saling menghargai pendapat orang lain. Keterampilan sosial berperan penting dalam proses pembelajaran bagi peserta didik sehingga mudah dalam bersosialisasi dengan lingkunganya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan keterampilan sosial dengan prestasi belajar peserta didik kelas VI SDN 1 Gerung Selatan. Penelitian berjenis kuantitatif menggunakan metode korelasi. Sampel penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VI SDN 1 Gerung Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling yaitu sampel total. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji validitas isi. Uji prasyarat mengguankan uji berupa uji normalitas uji linearitas kemudian dilakukan uji hipotesis. Menurut hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diketahui bahwa antar kedua variabel terdapat korelasi sebesar 0,547 sesuai dengan pengujian maka Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan sosial dengan prestasi belajar peserta didik kelas VI SDN 1 Gerung Selatan dengan kategori cukup tinggi. Peserta didik yang memperoleh keterampilan sosial yang cukup tinggi maka prestasi belajar akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Sosial, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:11
Last Modified: 22 Dec 2023 11:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43876

Actions (login required)

View Item View Item