ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI SDN 1 KUTA

Lale, Yasmin (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI SDN 1 KUTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALE YASMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif, dimana terdapat banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep materi bilangan bulat, dan siswa tidak dapat memahami kalimat soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif yang meliputi soal jawab singkat dan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan didesain secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kuta pada siswa kelas VI. Instrumen penelitian yang digunakan melalui pemberian tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) dari 59 siswa yang mengikuti tes terdapat 14% siswa mendapatkan nilai dengan kategori tinggi, 46% siswa mendapat nilai dengan kategori sedang, dan 41% siswa mendapat nilai dengan kategori rendah. Artinya sebagian besar siswa berada pada kategori berkemampuan sedang dan rendah, (2) siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat negatif, operasi hitung campuran, dan soal cerita bilangan bulat. pada operasi bilangan bulat negatif siswa kesulitan dalam menentukan hasil dan tanda yang digunakan pada akhir jawaban soal. pada soal operasi campuran siswa mengalami kesulitan pada operasi mana yang terlebih dahulu harus dikerjakan. Sedangkan untuk soal uraian/cerita hanya beberapa orang siswa yang menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal dengan utuh, siswa lebih banyak menuliskan penyelesaian soal dalam bentuk matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menyelesaikan Soal, Matematika SD, Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:11
Last Modified: 22 Dec 2023 11:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43877

Actions (login required)

View Item View Item