PELAKSANAAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN DI SD IT ABATA LOMBOK

ANINDYA, WAHYU (2023) PELAKSANAAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN DI SD IT ABATA LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANINDYA WAHYU (E1E018013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal JIPP ANIN.pdf

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada pembelajaran di SD IT Abata Lombok. Pendekatan pembelajaran yang dimaksud adalah model pendekatan pembelajaran yang terintegratif dan diimplementasikan oleh guru secara efektif dengan menggunakan TIK, pengetahuan pedagogis, dan pengetahuan konten/materi untuk merancang pengalaman pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru dan siswa dari kelas III di SD IT Abata Lombok. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dianslisis menggunakan menggunakan model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pendekatan pembelajaran tersebut belum berhasil karena adanya faktor-faktor penghambat yang terlihat dalam RPP (Rencana Pelaksanaan pembelajaran) yang digunakan guru; (2) Pelaksanaan pendekatan pembelajaran tersebut berhasil diimplementasikan dengan baik oleh guru karena ada beberapa faktor pendukung terkait kesesuaian Langkah-langkah pendekatan pembelajaran yang diimplementasikan oleh guru di kelas; (3) evaluasi pelaskanaan, yaitu perencanaan pendekatan pembelajaran TPACK berbasis HOTS tidak berhasil karena RPP yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik dari pendekatan tersebut. Namun, pelaksanaan pendekatan TPACK berbasis HOTS pada pembelajaran sudah berhasil dan berjalan dengan baik sesuai dengan langkahlangkah pelaksanaannya. Dari hasil evaluasi ditemukan bahwa, tidak ada sinkronisasi antara perencanaan dan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TPACK, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:12
Last Modified: 22 Dec 2023 11:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43890

Actions (login required)

View Item View Item