KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMPN 12 MATARAM

NURPARA, ADILA (2023) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMPN 12 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURPARA ADILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
ARTIKEL NURPARA ADILA - FINAL TEMPLATE.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX menggunakan model pembelajaran project based learning di SMPN 12 Mataram. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kemampuan model project based learning terhadap pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerpen siswa setelah penerapan model project based learning. Berdasarkan tujuan diatas jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi yang dilakukan pada saat sebelum dan sesudah penerapan model project based learning. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu (1) mereduksi data yang berkaitan dengan objek penelitian berupa kumpulan hasil penugasan dari menulis teks cerpen siswa. (2) Penyajian data dilakukan setelah mengumpulkan objek penelitian berupa teks cerpen siswa kemudian hasil tersebut akan disajikan dengan menggunakan kata-kata (informal). (3) Kesimpulan dan verifikasi dilakukan pada tahap akhir dalam analisis data yang menyajikan rangkuman semua hasil data pada penelitian ini. Pada penelitian ini terdapat 33 siswa sebagai objek penelitian dalam penerapan model project based learning. Dari 33 siswa tersebut peneliti membuat kategori sesuai dengan hasil menulis teks cerpen yang dilakukan sebanyak dua kali. Pada tes awal kategori sangat baik satu siswa, kategori baik tiga siswa, kategori cukup tujuh siswa, kategori kurang tiga belas siswa dan sembilan diantaranya tidak masuk sekolah. Pada tes akhir kategori sangat baik lima siswa, kategori baik tiga belas siswa, kategori cukup enam siswa, kategori kurang empat siswa dan lima diantaranya tidak masuk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan, Project Based Learning, Siswa, Teks Cerpen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:12
Last Modified: 22 Dec 2023 11:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43892

Actions (login required)

View Item View Item