UPAYA GURU PPKn DALAM INTERNALISASI NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA SMAN 1 WANASABA

Dewi, Maskiana (2023) UPAYA GURU PPKn DALAM INTERNALISASI NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA SMAN 1 WANASABA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEWI MASKIANA FIIXXXX BANGETTT YA ALLAH-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL SIAP SUBMIT.pdf

Download (110kB)

Abstract

Belakangan ini karakter bangsa sedang mengalami kemunduran, ditandai dengan banyaknya kasus-kasus yang menunjukkan betapa mengkhawatirkannya karakter anak bangsa saat ini, seperti maraknya ujaran kebencian, penistaan agama, tindak kekerasan, dan lain sebagainya. Bahkan krisis karakter ini juga terjadi dikalangan remaja, siswa-siswa yang menjadi penerus bangsa. hal tersebut tentunya menjadi permasalhan serius dan membutuhkan penanganan dari berbagai pihak. Dalam hal ini adalah guru PPKn. Hal tersebut juga mendorong peneliti untuk menggali lebih dalam terkait permasalahan tersebut dengan tujuan 1) untuk mengidentifikasi upaya guru PPKn dalam internalisasi nilai karakter religius siswa SMAN 1 Wanasaba, 2) untuk mengidentifikasi apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru PPKn dalam internalisasi nilai karakter religius siswa SMAN 1 Wanasaba. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka-kurikulum, wakasis, guru PPKn dan dokumendokumen. Informan penelitian ditentukan berdasarkan metode purposive sampling sehingga didapatkan yang menjadi informan penelitian adalah siswa-siswi yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data Miles, Saldana, dan Huberman yaitu kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan yang didapatkan adalah terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh guru PPKN dalam internalisasi nilai karakter religius siswa SMAN 1 Wanasaba yaitu keteladanan, merancang pembelajaran berbasis nilai karakter, dan pembiasaan. Faktor pendukung dalam internalisasi nilai karakter religius siswa SMAN 1 Wanasaba bisa menjadi faktor penghambat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): guru PPKn, internalisasi nilai, karakter religius
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:12
Last Modified: 22 Dec 2023 11:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43894

Actions (login required)

View Item View Item