ATIKA, SARI (2023) PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEKS CERITA FIKSI BUKU SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Atikasari Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
ARTIKEL JURNAL ATIKASARI pdf.pdf Download (480kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila dan kesesuaiannya dengan kurikulum merdeka yang terdapat pada 12 teks cerita fiksi buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Jenis dari penelitian ini adalah library research atau studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada teks cerita fiksi yang terdapat dalam buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar terdapat nilai pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila: nilai Profil Pelajar Pancasila beriman, bertqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan persentase 150%, muatan nilai berkebhinekaan global dengan persentase 116%, muatan nilai bergotong royong dengan persentase 216%, muatan nilai mandiri dengan persentase 66%, muatan nilai bernalar kritis dengan persentase 183%, dan muatan nilai kreatif dengan persentase 133%, (2) Nilai pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada teks cerita fiksi buku siswa mata pelajaran baha sa Indonesia kelas IV sekolah dasar sangat sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka, tidak ditemukan ketidaksesuaian dengan kata lain keduanya sesuai, hal ini ditunjukkan dengan munculnya karakter Profil Pelajar Pancasila pada kedua belas teks cerita fiksi yang telah diteliti.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Teks cerita Fiksi, Profil Pelajar Pancasila, Buku Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:10 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:10 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43902 |
Actions (login required)
View Item |