PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KURIPAN

AI, NUN (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KURIPAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AINUN_E1B019009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Artikel Skripsi FIX Aiinun.pdf

Download (160kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemungkinan perubahan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn setelah mengikuti pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining di SMP Negeri 2 Kuripan. Terdapat pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen melalui nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII, setelah melalui purposive sampling diperoleh sampel pada kelas VIIA dan VIIB. Tes jenis pilihan ganda menjadi instrumen untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah melalui uji prasyarat berupa uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas Levene, hasil uji hipotesis (t-tes paired sampel) dengan menggunakan SPSS, menunjukkan perolehan skor t-hitung lebih besar dari pada skor t-tabel. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perubahan pada hasil belajar pada siswa kelas VIIA meta pelajaran PPKN SMPN 2 Kuripan setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. Hasil belajar siswa di kelas VIIA (eksperimen) lebih baik dari pada kelas VII B (kontrol).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kooperatif tipe SFAE, hasil belajar PPKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:10
Last Modified: 27 Dec 2023 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43907

Actions (login required)

View Item View Item