UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA EDPUZZLE DI KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 SUKAMULIA

DEVI APRESIA, MONICA (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA EDPUZZLE DI KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 SUKAMULIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Devi Apresia Monica-E1S018011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Artikel-Devi Apresia Monica-E1S018011.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPS 2 pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Sukamulia melalui penerapan model pembelajar Think Talk Write berbantuan media edpuzzle. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun prosedur pada penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Sedangkan subjek dan informan pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 20 orang siswa dan guru sosiologi. Hasil penelitian siklus I keterlaksanaan pembelajaran sebesar 71,66%, keaktifan belajar siswa sebesar 65,46% dan hasil belajar kognitif siswa sebesar 30%. Sedangkan pada siklus II keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95%, keaktifan belajar siswa sebesar 84,21%, dan hasil belajar kognitif siswa sebesar 85%. Jadi penerapan Think Talk Write berbantuan media edpuzzle dapat meningkatkanaktivitas pembelajaran sosiologi kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Sukamulia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Think Talk Write, Edpuzzle, Keaktifan, Hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:10
Last Modified: 27 Dec 2023 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43909

Actions (login required)

View Item View Item