DEVI APRESIA, MONICA (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA EDPUZZLE DI KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 SUKAMULIA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI-Devi Apresia Monica-E1S018011.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Artikel-Devi Apresia Monica-E1S018011.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPS 2 pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Sukamulia melalui penerapan model pembelajar Think Talk Write berbantuan media edpuzzle. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun prosedur pada penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Sedangkan subjek dan informan pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 20 orang siswa dan guru sosiologi. Hasil penelitian siklus I keterlaksanaan pembelajaran sebesar 71,66%, keaktifan belajar siswa sebesar 65,46% dan hasil belajar kognitif siswa sebesar 30%. Sedangkan pada siklus II keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95%, keaktifan belajar siswa sebesar 84,21%, dan hasil belajar kognitif siswa sebesar 85%. Jadi penerapan Think Talk Write berbantuan media edpuzzle dapat meningkatkanaktivitas pembelajaran sosiologi kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Sukamulia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Think Talk Write, Edpuzzle, Keaktifan, Hasil belajar kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:10 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:10 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43909 |
Actions (login required)
View Item |