PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBINGPROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS1 SMAN 1 TERARA

KHAIRUR, ROZI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBINGPROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS1 SMAN 1 TERARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KHAIRURROZI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Artikel Khairurrozi.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan memiliki 4 langkah pada penelitian yang berlangsung yakni: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) analisis & refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 36 orang, tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 1. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan observasi, refleksi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan display data, reduksi data serta kesimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Terara, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Probing - Prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Peningkatan tersebut dapat ditunjukan sebagai berikut: 1) pada siklus I pelaksanaan pembelajaran sebesar 83,3%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 100%, 2) data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan ketuntasan 63,8%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan mencapai 88,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Probing-Prompting, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:11
Last Modified: 27 Dec 2023 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43911

Actions (login required)

View Item View Item