HAMIDATUN, HASANAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 SMAN 3 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
HAMIDATUN HASANAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
ARTIKEL HAMIDATUN HASANAH.pdf Download (446kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Pictorial Riddle untuk meningkatkan aktivitas dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 2 SMAN 3 Praya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi awal,perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 3Praya , sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan penerapan model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Pictorial Riddle terlaksana sebesar 73%, tingkat aktivitas belajar siswa terlaksa sebesar 63% dan tanggung jawab belajar siswa terlaksana sebesar 68%. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan penerapan model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Pictorial Riddle terlaksana sebesar 100%, aktivitas belajar siswa sebesar 80% dan tanggung jawab belajar siswa sebesar 93% .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kooperatif tipe NHT(Number Head Together), Media Pictorial Riddle,Aktivitas dan Tanggung Jawab Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:11 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:11 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43914 |
Actions (login required)
View Item |