PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SDN 2 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

SAFIRA AMALIA, RIZKY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SDN 2 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SAFIRA AMALIA RIZKY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Safira Artikel (1).pdf

Download (415kB)

Abstract

Pembelajaran yang masih monoton akan berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa masih sangat jauh dari kata optimal. Dalam pembelajaran, seharusnya siswa diberikan kebebasan untuk berlatih mengemukakan pendapat dan mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri. Sehingga siswa akan lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya untuk memberikan solusi terhadap suatu permasalahan yang menjadi topik pembicaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh setelah diterapkannya model pembelajaran resolusi konflik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV semester ganjil SDN 2 Masbagik Utara tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Utara Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran resolusi konflik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction), teknik pengambilan sampel dilakukan secara classroom random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui melakukan observasi dan pemberian posttest. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes kemampuan berpkir krtitis siswa (posttest) pada materi masalah sosial. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest menggunakan uji t dimana didapatkan nilai thitung = 2,204 > ttabel = 2,004 dengan taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran resolusi konflik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis sisw siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Utara Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berpikir kritis, pembelajaran yang monoton, resolusi Konflik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:11
Last Modified: 27 Dec 2023 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43916

Actions (login required)

View Item View Item