PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PONTIKA (POHON BILANGAN MATEMATIKA) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III SDN KARANG JANGKONG KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SRI, RAHMAWATI (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PONTIKA (POHON BILANGAN MATEMATIKA) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III SDN KARANG JANGKONG KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX_SRI RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
SRI RAHMAWATI_E1E019307_ARTIKEL.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pontika (pohon bilangan matematika) terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III SDN Karang Jangkong 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang mencari pengaruh antara variabel x (media pembelajaran pontika) terhadap variabel y (kemampuan berhitung). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Karang Jangkong sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 dan kelas III SDN Sintung Timur sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes pilihan ganda. Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Shapiro wilk dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas data dengan menggunakan uji levene test. Selanjutnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung sebesar 2.733 dan t tabel sebesar 1.686. Diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,009 ≤ 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0 ) ditolak. Artinya ada pengaruh media pembelajaran pontika (pohon bilangan matematika) terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III SDN Karang Jangkong tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Pontika, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:11
Last Modified: 27 Dec 2023 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43920

Actions (login required)

View Item View Item