ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B2 DI TK MUTIARA HATI KARANG SUKUN KOTA MATARAM

NURUL, IQAMAH (2023) ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B2 DI TK MUTIARA HATI KARANG SUKUN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nurul Iqamah_E1F019060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal Nurul Iqamah_E1F019060.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui krativitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu 3 guru dan 10 anak kelompok B2. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 dengan rata-rata pencapaian guru yaitu 80%-88% yang menunjukan bahwa guru di TK Mutiara Hati kreativitasnya sangat baik dengan upaya guru menciptakan kegiatan yang menyenangkan, guru menggunakan metode pembelajaran secara bervariasi serta guru dapat melakukan kegiatan yang menarik perhatian pada anak. Upaya dan cara tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 ditandai dengan perkembangan anak sudah berkembang sangat baik dan berkembang sesuai dengan harapan. Adapun Faktor penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati yaitu anak kurang fokus, karakteristik anak yang beragam, kurangnya dukungan dari orang tua. Adapun faktor pendukung kreativitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati yaitu kemampuan guru, dukungan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kreativitas guru, membaca permulaan, anak kelompok B2
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:58
Last Modified: 04 Jan 2024 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43959

Actions (login required)

View Item View Item