PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI BIOPRENEURSHIP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMAN 1 MASBAGIK

ARISYA, WIDYADHARI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI BIOPRENEURSHIP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMAN 1 MASBAGIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Arisya Widyadhari_E1A019010,,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Artikel Arisya Widyadhari_E1A019010.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terintegrasi biopreneurship terhadap penguasaan konsep dan kreativitas siswa kelas X SMAN 1 Masbagik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Masbagik. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purpossive sampling, dan terpilih kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas control sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 68 siswa. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, lembar penilaian kreativitas, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik uji T untuk penguasaan konsep dan statistik deskriptif untuk kreativitas siswa. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Oleh karena data tidak memenuhi syarat normal untuk uji T maka hipotesis penelitian diuji menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,001<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model project based learning terintegrasi biopreneurship berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep biologi siswa. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kreativitas siswa adalah 75 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata 63. Dari nilai rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kreativitas antara siswa yang belajar dengan model project based learning terintegrasi biopreneurship dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas X MIPA SMAN 1 Masbagik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Project based learning, biopreneurship, penguasaan konsep, kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:36
Last Modified: 10 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43989

Actions (login required)

View Item View Item