ARISYA, WIDYADHARI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI BIOPRENEURSHIP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMAN 1 MASBAGIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Arisya Widyadhari_E1A019010,,.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
Artikel Arisya Widyadhari_E1A019010.pdf Download (354kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terintegrasi biopreneurship terhadap penguasaan konsep dan kreativitas siswa kelas X SMAN 1 Masbagik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Masbagik. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purpossive sampling, dan terpilih kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas control sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 68 siswa. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, lembar penilaian kreativitas, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik uji T untuk penguasaan konsep dan statistik deskriptif untuk kreativitas siswa. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Oleh karena data tidak memenuhi syarat normal untuk uji T maka hipotesis penelitian diuji menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,001<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model project based learning terintegrasi biopreneurship berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep biologi siswa. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kreativitas siswa adalah 75 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata 63. Dari nilai rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kreativitas antara siswa yang belajar dengan model project based learning terintegrasi biopreneurship dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas X MIPA SMAN 1 Masbagik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Project based learning, biopreneurship, penguasaan konsep, kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 03:36 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43989 |
Actions (login required)
View Item |