PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI KELAS VII SMPN 12 MATARAM

NUR AYU, LESTARI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI KELAS VII SMPN 12 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NUR AYU LESTARI SKRIPSI LAGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
jurnal Nur Ayu Lestari (E1C019153) revisi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap pembelajaran menulis teks cerita fantasi kelas VII SMPN 12 Mataram. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas 32 siswa. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan motode tes melalui eksperimen yang merupakan bagian dari jenis penelitian kuantitatf. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest (tes awal dan tes akhir) dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model project based learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 12 Mataram. Setelah menjalani proses pembelajaran ratarata nilai kelas eksperimen sebelum menerapakan model project based learning adalah 52,81% dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,09%. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan (treatment) mengalami peningkatan yaitu 80,56% lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas kontrol yaitu 66,46%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): project based learning, pengaruh, menulis, cerita fantasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:36
Last Modified: 10 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43992

Actions (login required)

View Item View Item