UPAYA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMPN 2 DONGGO KABUPATEN BIMA

AYI, DAH (2023) UPAYA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMPN 2 DONGGO KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI__AYIDAH E1B019023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL_AYIDAH_E1B019023.pdf

Download (650kB)

Abstract

Upaya dalam dunia pendidikan berarti pola-pola umum kegiatan guru yang bertindak sebagai pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan proses pendidikan (pembelajaran) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan atau digariskan. Denganmenggunakan upaya yang tepat dan sesuai maka tujuan yang direncanakan akan dapat tercapai dengan sempurna.Saat ini banyak keluarga yang tidak bisa menjadi tempat terbaik bagi anak- anaknya untuk mendapatkan sebuah pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui upaya sekolah dalam menanamkan karakter religius dan disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMPN 2 Donggo Kabupaten Bima. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dipadukan dengan metode deskriptif. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyaji data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya upaya pembentukan karakter siswa baik karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka sangatlah di tekankan dan di manfaatkan oleh sekolah, Hadirnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pramuka dan dengan didikan oleh orang dewasa mampu menjadikan peserta didik berkarakter luhur, beriman dan bertakwa, tinggi kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menanamkan Karakter Religius Dan Disiplin Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:34
Last Modified: 10 Jan 2024 08:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43997

Actions (login required)

View Item View Item