DESKRIPSI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X MAN 2 KOTA BIMA

DIAN GALUH, PRATIWI (2023) DESKRIPSI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X MAN 2 KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Dian Galuh Pratiwi_E1M019021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal_Dian Galuh Pratiwi_E1M019021.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia melalui implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran kimia di MAN 2 Kota Bima. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kota Bima yang berjumlah 420 siswa, dan sampel penelitian sebanyak 81 siswa yang ditetapkan dengan cara systematic random sampling. Pengumpulan data menggunakan soal tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa; 1) Keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 2 Kota Bima dalam pembelajaran kimia secara umum berada pada kategori sedang. 2) Secara khusus kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 2 Kota Bima dalam pembelajaran kimia mampu memenuhi seluruh indikator berpikir kritis yang terdiri dari indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi 3) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran kimia belum dilakukan sesuai tahapan implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir kritis, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:35
Last Modified: 10 Jan 2024 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44001

Actions (login required)

View Item View Item