PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MINAT BACA SISWA KELAS II SDN PUSPALAYA

BAIQ RIZKA, WAHYUNI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MINAT BACA SISWA KELAS II SDN PUSPALAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap Bq.Rizka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Jurnal Baiq Rizka.pdf

Download (618kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas rendah yang masih belum lancar membaca, hal ini disebabkan kurangnya minat baca siswa dan rendahnya kemampuan membaca siswa. Kurangnya minat baca siswa disebabkan karena proses pembelajaran yang monoton tanpa menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle suku kata berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan membaca dan minat baca siswa kelas II SDN Puspalaya. Jenis penelitian kuantitatif yang akan digunakan adalah penelitian eksperimen, yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan yang diberikan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Puspalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan SPSS untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji normalitas kelas eksperimen untuk tes kemampuan membacanya sebesar 0,091 > 0,05 dan untuk angket minat baca sebesar 0,151 > 0,05. Sedangkan hasil uji normalitas kelas kontrol untuk tes kemampuan membaca sebesar 0,022 > 0,05 dan untuk angket minat baca sebesar 0,185 > 0,05 yang artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Kemudian hasil uji homogenitas varian kemampuan membaca sebesar 0,625 > 0,05 dan angket minat baca sebesar 0,547 > 0,05 yang artinya data yang diperoleh adalah homogeny, sedangkan uji homogenitas matriks covarian kemampuan membaca dan minat baca dilihat dari BOX’ M sebesar 0,450 > 0,05 yang artinya data yang diperoleh adalah homogeny. sedangkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji manova menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media puzzle suku kata berbasis kearifan lokal berpengaruh terhadap kemampuan membaca dan minat baca siswa kelas II SDN Puspalaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Puzzle Suku Kata, Kemampuan Membaca, Minat Baca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:25
Last Modified: 12 Jan 2024 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44016

Actions (login required)

View Item View Item