PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN GUGUS III SELAPARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

ESTY AISYAH, FAJRIATI (2023) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN GUGUS III SELAPARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ESTY AISYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH JURNAL PENDIDIKAN MIPA ESTY.pdf

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika di kelas III SDN Gugus III Selaparang dengan menerapkan pendekatan pendekatan matematika realistik (PMR). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis quasi experimental design bentuk nonequivalen control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan siswa dan tes tulis kemampuan perkalian bilangan cacah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SDN Gugus 3 Selaparang berjumlah 279 siswa dan sampelnya adalah SDN 39 Mataram dan SDN 13 Mataram berjumlah 54 siswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi dan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan SPPS. 25 for windows. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hasil uji Independent Sample T-Test menggunakan n-gain berbantuan SPPS. 25 for windows diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0.001 ˂ 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima maka terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Gugus III Selaparang Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendekatan matematika realistik, hasil belajar matematika, gugus III selaparang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:22
Last Modified: 16 Jan 2024 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44055

Actions (login required)

View Item View Item