KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA

HUSWATUN, HASANAH (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI ANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
12038-Article Text-51020-1-10-20240105.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture berbantuan media puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 32 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang menganalisis keefektifan antara variabel x (model pembelajaran picture and picture berbantuan media puzzle) terhadap variabel y (kemampuan berpikir kritis). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN 32 Cakranegra dimana kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 sedangkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes essay (Pretest dan Posttest) dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran picture and picture berbantuan media puzzle. Teknik Analisis data diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene test. Selanjutnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 5,42 sedangkan t tabel = 1,57358 Sehingga t hitung > t tabel dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,00 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya model pembelajaran picture and picture berbantuan media puzzle efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN 32 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berpikir Kritis, Media Puzzle, Model Pembelajaran Picture And Picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:45
Last Modified: 19 Jan 2024 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44083

Actions (login required)

View Item View Item