PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK NEGERI 1 LINGSAR

SAHRIL, AZIZ (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK NEGERI 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi aziz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) berbasis Question Card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group. Populasinya adalah kelas X, dan sampel penelitian yakni kelas X Kuliner 3 menjadi kelas Eksperimen dan kelas X Kuliner 2 sebagai kelas Kontrol. Sampel penelitian diambil melalui teknik perposive sampling, dimana jumlah siswa di kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan 30 siswa di kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 35 butir yang telah diverifikasi untuk validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Pengolahan data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah mengetahui hasil uji prasyat maka uji hipotesis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil nilai thitung sebesar 15,3, > ttabel 1,67 yang artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media Question Card terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Lingsar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) berbantuan Media Question Card, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:46
Last Modified: 19 Jan 2024 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44095

Actions (login required)

View Item View Item