ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 1 WANASABA DAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

BAIQ YOVA REZISA, SUTINA (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 1 WANASABA DAYA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_BAIQ YOVA REZISA SUTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Jurnal_Baiq Yova Rezisa Sutina_E1E018030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar peserta didik pda mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 1 Wanasaba Daya Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV SDN 1 Wanasaba Daya sudah memiliki minat dalam belajar Bahasa Indonesia di dalam kelas. Faktor pendukung minat belajar peserta didik adalah motivasi belajar peserta didik, adanya arahan dan dorongan belajar yang diberikan oleh guru, lingkungan belajar yang tenang, sarana dan prasarana belajar yang lengkap. Faktor penghambat minat belajar peserta didik yaitu kondisi kelas yang ramai, peserta didik yang memiliki kesibukan sendiri pada saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik yang tidak memiliki sarana dan prasarana belajar yang lengkap. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah guru memberikan motivasi kepada peserta didik saat pelajaran Bahasa Indonesia akan dimulai serta arahan dan dorongan pada saat pembelajaran sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Minat Belajar, Peserta Didik, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:47
Last Modified: 19 Jan 2024 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44109

Actions (login required)

View Item View Item