ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

IGA, SAFITRI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (IGA SAFITRI_E1R018032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ARTIKEL (IGA SAFITRI_E1R018032).pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII pada materi SPLDV dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Analisis kemampuan penalaran matematis dilakukan berdasarkan prosedur penalaran matematis yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Indikator kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini meliputi tahap (i) mengajukan dugaan, (ii) mempresentasikan ide, (iii) melakukan manipulasi matematika, (iv) menentukan strategi penyelesaian, (v) menarik kesimpulan dan (vi) memeriksa kesahihan atau kebenaran suatu pernyataan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari 63 siswa yang diberikan angket gaya belajar, diambil 6 subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa pada tiap-tiap gaya belajar dan dipilih melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 3 tahapan yakni, tahap reduksi, tahap penyajian, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa pada tiap-tiap gaya belajar yaitu: (i) siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis sehingga kemampuan penalaran matematisnya termasuk ke dalam kategori tinggi; (ii) siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 5 indikator sehingga kemampuan penalaran matematisnya termasuk ke dalam kategori tinggi; (iii) siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi 4 indikator sehingga kemampuan penalaran matematisnya termasuk ke dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Kemampuan Penalaran Matematis; SPLDV; Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:14
Last Modified: 19 Jan 2024 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44134

Actions (login required)

View Item View Item