PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 4 KOTA BIMA

NUR, JUMIATI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 4 KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURJUMIATI (E1B017046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Artikel Nurjumiati (E1B017046).pdf

Download (999kB)

Abstract

Media pembelajaran video animasi memiliki fungsi sebagai rangsangan pikiran, perasaan, perhatian dan motivasi memperjelas materi pelajaran. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Kota Bima. Kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen serta nonequivalent control group design digunakan dalam kajian ini. Populasinya ialah siswa kelas X1 – X11 berjumlah 395 siswa. Purposive Sampling menjadi teknik pengambilan sampel dan didapatkan kelas X5 35 siswa jadi kelas eksperimen dan X2 35 siswa jadi kelas kontrol. Teknik tes, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian didapatkan mean pretest kelas eksperimen yaitu 35,9 dan pretest kelas kontrol 36. Rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 86,82 dan posttest kelas kontrol 79,5. Setelah diuji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan t_hitung 8,43 sedangkan 1,69. Kriteria pengujiannya jika (8,43 > 1,69) jadi, Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya ialah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Kota Bima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Video Animasi, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:15
Last Modified: 19 Jan 2024 08:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44140

Actions (login required)

View Item View Item