PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA

ZELISA NUDIA, FITRI (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS ZELISA NUDIA FITRI (I2E021022).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL ZELISA NUDIA FITRI (I2E021022).pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar yang valid, praktis, dan efektif berbasis kurikulum merdeka yang mengintegrasikan green chemistry untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar peserta didik. Pengembangan modul ajar terintegrasi green chemistry menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas X IPA di SMAN 1 Kopang. Hasil uji validitas Modul Ajar Terintegrasi Green Chemistry dilakukan oleh tiga dosen ahli dari Magister Pendidikan IPA memperoleh nilai rata-rata 79%, instrumen keterampilan proses sains (KPS) 78% dan instrumen kemandirian belajar sebesar 73% dengan kategori pada semua aspek adalah valid. Hasil uji kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata 90% dengan kategori sangat praktis/terlaksana sangat baik. Angket respon pendidik dan peserta didik memperoleh nilai rata-rata yang sama 80% dengan kategori praktis. Hasil uji keefektifan menggunakan NGain terhadap keterampilan proses sains memperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 71% dengan kategori tinggi dan 57% pada kelas kontrol dengan kategori sedang. Sedangkan untuk N-Gain terhadap kemandirian belajar memperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 70% dengan kategori tinggi dan 39% pada kelas kontrol dengan kategori rendah. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan Modul Ajar Terintegrasi Green Chemistry cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar peserta didik berdasarkan data uji hipotesis yaitu uji Mann-Whitney dan uji-T dengan memperoleh sig. < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar Terintegrasi Green Chemistry telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Modul ajar, Green Chemistry, keterampilan proses sains, kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:16
Last Modified: 19 Jan 2024 08:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44141

Actions (login required)

View Item View Item