ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS KELAS DI SDN TELAGA BARU KECAMATAN TALIWANG TAHUN AJARAN 2023/2024

ANDHI, RIZANDHI (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS KELAS DI SDN TELAGA BARU KECAMATAN TALIWANG TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANDHI RIZANDHI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
ARTIKEL ANDHI RIZANDHI.pdf

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis kelas tahun ajaran 2023/2024. Jenis penilitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Telaga Baru, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis kelas telah berjalan dengan baik, dengan mengintegrasikan nilai karakter religius, nasionalisme, gorong-royong, integritas dan mandiri yang dilakukan melalui indikator (1) Pengintegrasian PPK dalam kurikulum, dilakukan melalui menganalisis KD melalui identfikasi nilai karakter dimunculkan pada langkah-langkah pada kegiatan pembelajaran (2) PPK melalui manajemen kelas, dilakukan dengan membuat aturan kelas agar pembelajaran berjalan lancar (3) PPK melalui pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran, dilakukan melalui pemilihan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran (4) PPK melalui pembelajaran tematis, dilakukan dengan mengintegrasikan nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran (5) PPK melalui gerakan literasi, dilakukan melalui kegiatan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara buku cerita fiksi sebelum masuk kelas (6) PPK melalui layanan bimbingan dan konseling, dilakukan melalui pemberian bantuan terhadapat peserta didik yang sedang dalam masalah dan bimbingan tambahan untuk peserta didik melalui kegiatan ekstakulikuler sekolah. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis kelas dengan mengintegrasikan nilai karakter religius, nasionalisme, gotong-royong, integritas dan mandiri melalui kegiatan pembelajaran dikelas, kegiatan literasi dan ekstrakulikuler telah tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Karakter, Program Penguatan Pendidikan Karakter, Berbasis Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:04
Last Modified: 22 Jan 2024 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44147

Actions (login required)

View Item View Item