PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 1 LABUAPI

LIZA AYU, ANGGRIANI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Liza Ayu Anggriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
Surat Rekomendasi Ujian Skripsi_Liza Ayu.pdf

Download (33kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis etnosains pada pembelajaran IPA sangat penting agar siswa dapat belajar IPA secara kontekstual dan mampu mengimplementasikan ilmunya dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis etnosains untuk menunjang proses pembelajaran IPA materi tentang komponen penyusun materi (zat) di kelas V SDN 1 Labuapi yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define/Pendefinisian, Design/Desain, Development/ Pengembangan, dan Disseminate/Penyebaran). Tempat dilakukan penelitian yaitu di SDN 1 Labuapi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Labuapi sebanyak 7 orang. Sedangkan, objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasis etnosains materi tentang komponen penyusunan materi (zat). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor penilaian yaitu 1 sampai 5 meliputi analisis data kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis etnosains untuk menunjang proses pembelajaran IPA materi tentang komponen penyusun materi (zat) mendapatkan presentase 95,33% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, presentase 96,66% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, presentase 95,5% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, presentase 86% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa bahan ajar berbasis etnosains materi tentang komponen penyusun materi (zat) dapat dinyatakan valid dan praktis untuk menunjang proses pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Labuapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahan ajar, etnosains, pembelajaran IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:04
Last Modified: 22 Jan 2024 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44154

Actions (login required)

View Item View Item