INTERFERENSI BAHASA BIMA KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA SMPN 14 KOTA BIMA

Indah, Purwasari (2023) INTERFERENSI BAHASA BIMA KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA SMPN 14 KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Muhamad Zulkurnain-D1A020350.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL_INDAH PURWASARI - final template.pdf

Download (356kB)

Abstract

Pembahasan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk-bentuk interferensi fonologis, dan (2) bagaimanakah bentuk-bentuk interferensi sintaksis. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi bentuk interferensi fonologis bahasa Bima ke bahasa Indonesia dalam karangan siswa SMPN 14 Kota Bima, dan (2) untuk mengidentifikasi bentuk interferensi sintaksisbahasa Bima ke bahasa Indonesia dalam karangan siswa SMPN 14 Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode padan intralingual dengan teknik hubung banding sama (HBS) dan teknik hubung banding membedakan (HBB). Metode panyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode formal. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk interferensi fonologis yang meliputi interferensi penghilangan fonem konsonan /h/, /k/, /n/, penghilangan fonem vokal /ǝ/ yang terjadi pada suku pertama dan pada suku kedua, interferensi penambahan bunyi fonem konsonan /h/, interferensi perubahan bunyi terjadi pada fonem vokal /ǝ/ menjadi /a/ dan fonem vokal /i/ menjadi /ǝ/ dan peluluhan gugus fonem vokal /ai/, serta (2) bentuk interferensi sintaksis meliputi penggunaan kontruksi frase, pronomina persona pertama jamak pada afiks (-nya) dan pola penggunaan kata (pergi).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): interferensi fonologis, interferensi sintaksis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:04
Last Modified: 22 Jan 2024 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44157

Actions (login required)

View Item View Item