BAJRA MAYA, YUSRIAH (2023) EFEKTIVITAS MEDIA KAKUTA (KATA KUNCI CERITA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Bajra Maya Yusriah (E1E019069).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
Artikel Bajra Maya Yusriah (E1E019069).pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media KAKUTA (Kata Kunci Cerita) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 15 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan penggunaan media KAKUTA dan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan hasil nilai rata-rata pre-test yang didapatkan dari kelas eksperimen adalah 64,78 dan kelas kontrol adalah 74,76. Dan nilai rata-rata post-test yang didapatkan dari kelas eksperimen adalah 83,04 dan kelas kontrol adalah 77,14. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample t-Test. Dari hasil uji yang telah dilakukan didapatkan hasil 0,001 < 0,05. Hasil uji N-Gain yang didapatkan adalah 66,29% dengan kategori cukup efektif, yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media KAKUTA (Kata Kunci Cerita) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 15 Mataram tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Matematika, Media KAKUTA, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:43 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:43 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44171 |
Actions (login required)
View Item |