PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN IPS KELAS V SDN 21 AMPENAN

ZASRI DWI, SUKMA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN IPS KELAS V SDN 21 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI FIKS ACC YA ALLAH_Zasri dwi sukma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran game educandy terhadap hasil belajar siswa dalam muatan IPS kelas V SDN 21 Ampenan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sample dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa dengan jumlah kelas kontrol 23 siswa dan kelas eksperimen 23 siswa. Dari hasil tes tulis yg telas peneliti lakukan terdapat nilai peserta didik pada kelas eksperimen terdapat nilai pre-test tertinggi 85 dan terendah 45 di post-test terdapat nilai tertinggi 100 dan terendah 50, Sementara di kelas kontrol nilai pretest tertinggi 80 dan terendah 40 di post-test mendapatkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi diperoleh 0,000 yang berarti bahwa 0,000  0,05, maka ditolak dan diterima. Jadi, artinya ada perbedaan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran game educandy terhadap hasil belajar dalam peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media pembelajaran, Game Educandy, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44186

Actions (login required)

View Item View Item