PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RETENSI BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 6 CAKRANEGARA

ANNISA, OLVYANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RETENSI BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 6 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA OLVYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6394-Article Text-26989-30811-10-20240115 (1) (1).pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains dan retensi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SDN 6 Cakranegara yang berjumlah 66 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Non-probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur retensi belajar. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji One Way ANOVA dengan berbantuan SPSS 21.0 for Windows. Rata-rata nilai keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol sebesar 77,95%, begitu juga dengan retensi belajar siswa yaitu sebesar 65%. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap keterampilan proses sains sebesar 0,000, sedangkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap retensi belajar siswa sebesar 0,000. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya a) Model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV, b) model discovery learning berpengaruh terhadap retensi belajar siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Retensi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44193

Actions (login required)

View Item View Item