PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn SMPN 22 MATARAM

FADILATUL, HIDAYAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn SMPN 22 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FADILATUL HIDAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal Fadilatul Hidayah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menilai dampak penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan dukungan media video terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode kajian yang dipergunakan ialah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Dua kelas, yakni kelas VIII-A serta VIII-B, dipilih sebagai sampel kajian. Instrumen evaluasi yang dipergunakan ialah tes uraian. Uji prasyarat analisis melibatkan Uji Liliefors untuk normalitas serta uji homogenitas memakai uji varians. Uji hipotesis dijalankan dengan memakai uji T. Hasil kajian memperlihatkan jika nilai Ttabel = 2,093 lebih kecil nilai Thitung = 2,235378, sehingga Ho ditolak. Hal ini mengindikasikan jika model pembelajaran PBL mempunyai pengaruh positif pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMPN 22 Mataram dalam mata pelajaran PPKn. Penerapan model pembelajaran PBL melalui dukungan media video membuktikan peningkatan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran PPKn, mengikuti tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Video, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44205

Actions (login required)

View Item View Item