ELYN, SEPTIANA (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IX DI SMPN 11 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ELYN SEPTIANA-PPKn.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Elyn Septiana JIPP.pdf Download (574kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan manajemen kelas guru berdampak pada tingkat minat yang ditunjukkan oleh siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 11 Mataram. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan dapat dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX, dengan populasi yang terdiri dari 113 orang. Ukuran sampel yang terdiri dari 29 siswa dari Kelas A dan satu kelompok lain yang dibentuk dengan jumlah yang sama yang diambil dari Kelas D juga disertakan untuk tujuan analisis. Teknik pengambilan sampel secara purpossive sampling, sementara nonequivalent control group design digunakan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data melalui kuesioner yang didistribusikan secara terpisah ke kedua kelas eksperimen dan kontrol. Hipotesis pengujian menggunakan metode analisis varians uji-t yang berujung pada kesimpulan yang menegaskan bahwa ada pengaruh mengenai keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap minat belajar siswa yang mempengaruhi hasil belajar, yang terbukti secara statistik melalui penerimaan Ha (thitung = 2,229 > ttabel = 2,004).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | keterampilan mengelola kelas, minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 09:42 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 09:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44206 |
Actions (login required)
View Item |