PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 07 WOJA KABUPATEN DOMPU

RIZKI, AMALIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 07 WOJA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKI AMA LIA_E1E019285.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
1992-Article Text-9758-1-10-20240115 (2).pdf

Download (257kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di SD hendaknya mampu melatih keaktifan, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model PBL pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 07 Woja. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan nonequevalen control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 07 Woja. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 4.434 sedangkan ttabel adalah sebesar 1.686 sehingga diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 4.434 ≥ 1.686 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti penerapan model PBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 07 Woja. Keterlaksanaan model pembelajaran PBL pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 07 Woja terlaksana dengan baik dimana terlihat pada saat siswa melakukan penyelidikan bersama kelompoknya pada saat itu terjadi proses berpikir dan pertukaran pendapat antara siswa untuk menemukan solusi permasalahan dan siswa lebih aktif dalam kegiatan diskusi dengan teman kelompoknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44207

Actions (login required)

View Item View Item